Inilah 11 Bahaya Merkuri Bagi Wajah

Baca Juga

bahaya merkuri pada wajah,bahaya merkuri bagi muka,bahaya merkuri bagi kulit wajah,bahaya merkuri pada cream wajah,bahaya merkuri pada pemutih wajah,bahaya merkuri bagi wajah,apa bahaya merkuri bagi wajah,bahaya merkuri pada kulit wajah,bahaya merkuri untuk kulit wajah
Sumber Gambar Google


Inilah 11 Bahaya Merkuri Bagi Wajah -  Didunia ini tak ada hal yang dapat didapat dengan instan, termasuk juga memutihkan kulit yang gelap. Jika anda lihat iklan kosmetik yang menjanjikan kulit putih kurun waktu singkat jadi anda pantas siaga. Sebab cream pemutih yang memberi dampak cepat umumnya memiliki kandungan bahan aktif beresiko. Umpamanya saja merkuri.

Tentunya anda telah tidak asing dengan merkuri, bukan? Merkuri yaitu logam beresiko yang sering dipakai dalam product kosmetik seperti cream muka, masker pemutih muka, sunblock pemutih muka, serum pemutih muka, sabun, bodycare dsb. Di Indonesia penggunaan merkuri sudah dilarang.



Larangan itu diterangkan dalam Ketentuan Menteri Kesehatan Nomor 1175/Menkes/Per/VIII/2010 serta Ketentuan Kepala Tubuh Pengawas Obat serta Makanan RI Nomor HK. 03. 1. 23. 08. 11. 07510 Th. 2011. Akan tetapi, tidak dapat disangkal kalau penyalahgunaan kosmetik bermekuri masih tetap mengedar di market. Di th. 2014, BPOM sudah menarik 16 product pemutih yang memiliki kandungan merkuri. Biasanya product bermekuri banyak di jual dengan on-line maupun di konter-konter yg tidak resmi.

Pengertian dari Merkuri


Merkuri atau umum dimaksud air raksa (Hg) yaitu logam berupa cairan perak berwarna keabu-abuan. Di alam, merkuri ada berbentuk senyawa organik serta anorganik. Umumnya menyebar di dengan luas mulai di tanah, udara, air, batu-batuan, serta biji tambang. Merkuri juga seringkali digunakan dalam peindustrian, seperti pembuatan cairan termometer, baterai serta perlengkapan elektronik beda jadi bahan anti jamur.

Merkuri Dalam Cream Pemutih Wajah


Penggunaan merkuri dalam cream pemutih muka yaitu aksi ilegal yang dilarang negara. Tetapi BPOM sempat juga mengelurkan ketentuan yang menyebutkan kalau ada 2 type merkuri yang bisa dipakai pada make-up remover mata. Tapi batas kandungannya cuma 0. 007 %. Tidak bisa dari itu. Walau sekian, masih tetap saja beberapa orang yg tidak bertanggungjawab yang memakai merkuri untuk product kosmetik. Peranannya yaitu memutihkan muka dalam sekejap dan menyingkirkan bintik hitam di muka.


Langkah kerja merkuri ini perlambat kerja enzim tironase yang memengaruhi beberapa sel melanosit dalam menghasilkan melanin. Jika sistem pigmentasi melambat jadi automatis kulit juga akan jadi lebih cerah. Tetapi dampaknya, untuk penggunaan periode panjang jadi kulit jadi menipis serta makin lama menyebabkan hiperpigmentasi atau penggelapan terlalu berlebih.


Inilah 11 Dampak Bahaya dari Cream Bermerkuri


Tidak dapat disangkal, saat ini beberapa orang yang kurang memerhatikan keamanan dari kosmetik. Mereka tidak perduli dengan dampaknya. Apa pun ikhlas dikerjakan untuk memperoleh muka putih mulus dengan instan. Butuh kamu paham.kamu mengerti kalau merkuri yaitu logam toksik. Memanglah awalannya penggunaan merkuri buat muka putih glowing bak porselen. Tetapi kehadiran melanin yang terus-menerus dihambat buat kulit tidak mempunyai pertahanan hingga mengakibatkan rawan terkena radikal bebas. Diluar itu, merkuri yang mengendap di kulit dapat juga terikut aliran darah serta terakumulasi pada badan. Ini mengakibatkan rusaknya sel serta beragam jenis masalah kesehatan. Salah satunya yaitu :


  1. Kulit menipis karena dampak korosif merkuri
  2. Kulit alami hiperpigmentasi, keluar flek hitam bahkan juga breakout parah
  3. Kanker kulit
  4. Masalah system syaraf
  5. Alzheimer
  6. Masalah pencernaan
  7. Masalah organ badan, seperti jantung, ginjal, paru-paru serta otak
  8. Masalah kebal badan
  9. Masalah koordinasi badan
  10. Berkurangnya peranan kerja sensorik, seperti bicara, mendengar serta melihat
  11. Berkurangnya kekuatan kognitif


Seseorang ibu hamil yang memakai cream bermerkuri dapat juga membahayakan keadaan janinnya. Logam ini dapat masuk ke plasenta lewat aliran darah hingga mengakibatkan anak alami keacunan, bahkan juga berisiko menderita cacat fisik.

Ciri-Ciri Cream Pemutih Wajah yang Memiliki kandungan Merkuri


Sekarang ini kehadiran cream pemutih Wajah begitu ramai di market. Dari mulai orang-orang umum sampai beberapa artis berlomba menghasilkan cream pemutih. Pastinya jadi customer, anda mesti cerdas dalam pilih. Janganlah mudah tergiur dengan klaim muka putih dalam waktu relatif cepat. Ditambah lagi mengingat bahaya dari merkuri. Logam ini tidak cuma mengakibatkan kerusakan kulitmu tapi juga membahayakan kesehatan bahkan juga meneror nyawa.


Nah, supaya anda tidak salah tentukan product pemutih, tambah baik tekuni nih tanda-tanda kosmetik bermekuri :


Cermati komposisinya. Product yang memiliki kandungan merkuri umumnya memberikan tulisan 



  • senyawa mercurio, calomel, mercuric, mercurous chloride, merkuri, Hg atau yang lain. Akan tetapi banyak pula product yg tidak menuliskannya supaya produknya dipandang legal serta agar laku.
  • Struktur cream yang memiliki kandungan merkuri umumnya lengket serta agak kasar
  • Warnanya beragam dari kuning, kuning keabu-abuan, serta putih mengkilat
  • Aromanya menyengat
  • Sebagian ada yang memiliki kandungan parfum
  • Pada kandungan minyak serta krimnya tidak dapat menyatu dengan baik. Jika dilewatkan sepanjang berjam-jam jadi juga akan terjadi dua lapisan
  • Pemakaian merkuri di wajah juga akan mengakibatkan rasa gatal, kemerahan, serta rasa panas. Sinyal tanda ini dapat juga tidak merasa tergantung pada dosis penggunaan merkurinya
  • Jika kulit terkena matahari jadi muka jadi merah serta terlihat kusam
  • Merkuri berbentuk jadi zat pengawet. Jika dioles-oleskan di wajah jadi mengakibatkan protein di kulit menipis. Bila kandungan protein rendah atau bahkan juga rusak jadi kulit jadi sulit berjerawat.
  • Semua mikroorganisme malas mencemari kulit sebab akumulasi merkuri telah sangat menumpuk. Kulit muka bak makanan yang diawetkan.
  • Produksi melanin juga makin rendah, walau sebenarnya melanin berperan membuat perlindungan muka dari paparan matahari. Keadaan ini mengakibatkan munculnya sensasi terbakar pada kulit waktu anda melakukan aktivitas diluar ruang di siang hari. Mengakibatkan kulit gampang alami sunburn.
  • Perubahan kulit jadi putih amat cepat. Bahkan juga mulai sejak penggunaan pertama, beberapa sel kulit mati mengelupas.
  • Muka terlihat poreless, seakan tak ada pori-pori. Glowing serta mulus
  • Dalam penggunaan periode panjang, kulit juga akan mulai jadi putih pucat. Bukanlah putih merona. Lalu beralih keabu-abuan sampai jadi gelap serta kusam
  • Jika penggunaan kosmetik dihentikan jadi muka juga akan alami beruntusan, jerawat radang sampai flek hitam
  • Pada keadaan lebih kronis, susunan serta jaringan kulit jadi rusak
  • Bila merkuri telah masuk kedalam aliran darah jadi sangat mungkin penggunanya alami tanda sakit kepala, insomnia, masalah irama jantung sampai masalah pernapasan

Jangan sampai anda meremehkan akibatnya karena penggunaan cream pemutih wajah bermekuri. Merkuri yaitu toksin! Bahan ini betul-betul tidak bisa masuk kedalam badan. Jika anda lihat ada cream yang memberi dampak instan serta dibarengi sinyal di atas jadi baiknya dijauhi. Anda harus juga pelajari panduan pilih krim pemutih muka yang aman dan panduan pilih klinik kecantikan. Yakinlah, cantik tidak mesti berkulit putih. Yang terutama anda tetaplah yakin diri serta bersukur.

0 Response to "Inilah 11 Bahaya Merkuri Bagi Wajah"